Jakarta (prapanca.id) – Prestasi gemilang diraih oleh tiga anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), yaitu Liputan6.com, KBR, dan IDN Times dalam Digital Media Awards Asia 2024 yang bergengsi.
Penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap dedikasi organisasi media dalam mengadopsi strategi yang relevan dengan perkembangan tren konsumsi media.
Acara penghargaan yang menjadi bagian dari konferensi Digital Media Asia berlangsung di the Sofitel Kuala Lumpur Damansara, Malaysia pada Rabu, 24 April 2024.
Sebanyak 13 kategori dipertandingkan, dengan 136 peserta dari berbagai negara bersaing untuk meraih penghargaan di ajang bergengsi bagi para pelaku industri media.
Liputan6.com meraih penghargaan Gold Winner dalam kategori Best Fact Checking Project berkat inisiatif Fact-6ers Synergy. Sementara itu, IDN Times dinobatkan sebagai Gold Winner dalam kategori Best Use of AI in Revenue Strategy berkat pemanfaatan kecerdasan buatan generatif yang mengubah cara Gen Z mengonsumsi konten media.
Anggota AMSI lainnya, KBR, berhasil meraih penghargaan Winner dalam kategori Best Innovative Digital Product melalui produk unggulannya, KBR Prime.
Acara ini diselenggarakan oleh World Association of News Publishers (WAN-IFRA), di mana SPH Media dari Singapura meraih gelar juara umum dengan meraih delapan penghargaan, termasuk lima Gold Winner dan tiga Silver Winner. Di posisi kedua, terdapat South China Morning Post dengan dua Gold Winner dan dua Silver Winner.
Tidak hanya itu, penerbit nasional juga menyumbangkan prestasi di ajang tersebut. Kumparan meraih penghargaan Gold Winner dalam kategori Best in Audience Engagement, sementara Kompas Cyber Media berhasil membawa pulang dua Gold Winner dalam kategori Best Use of AI in the Newsroom dan Best Innovative Digital Product. (agu)