Surabaya (prapanca.id) – Stikosa AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya) telah melakukan studi banding terkait program studi baru Digital Marketing Communication (Digi/Digital Marcomm) di prodi Digital Marketing Binus University Malang, Jawa Timur, Kamis (7/3/2023).
Kedatangan tim Stikosa AWS yang terdiri dari Wakil Ketua Bidang Akademik, Ratna Puspita Sari, M.Med.Kom., Kepala Prodi Digital Marcomm, M. Arkansyah, M.I.Kom., dan Kepala Prodi Ilkom, Riesta Oktarina, M.I.Kom., disambut dengan hangat oleh pimpinan Prodi Digital Marketing Binus University Malang.
Arka, sapaan akrab M. Arkansyah, menyatakan, “Benchmarking untuk program studi bisnis digital di Binus Malang ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, efektivitas, dan kualitas program studi baru Stikosa AWS.”
Arka menjelaskan bahwa bersama prodi marketing digital Binus University Malang, pihaknya membahas profil mahasiswa dan tolok ukur kinerja mahasiswa, kurikulum dan materi pengajaran, performa para dosen dan staf pengajarnya, serta peluang magang dan kerja sama industri.
Pertemuan tersebut juga membahas keterlibatan dunia industri dengan perguruan tinggi, teknologi dan infrastruktur prodi Digital Marketing, proyek kolaboratif dan kompetensinya, hingga alumni dan jejak karir mereka yang mendukung pengembangan prodi digital marketing.
“Kurikulum program dirancang untuk mencakup tren dan perkembangan terkini di bidang bisnis digital, serta materi pengajaran kunci yang difokuskan dan keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum,” tambah Arka.
Dia juga menyoroti pentingnya magang dan peluang kerja bagi mahasiswa, serta kerja sama dengan perusahaan atau industri bisnis digital untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa.
Arka menambahkan, “Program juga harus melibatkan pemangku kepentingan industri dalam pembelajaran mahasiswa melalui seminar, lokakarya, atau acara khusus yang melibatkan profesional bisnis digital.”
Potensi dan Peluang Kuliah di Program Digital Marcomm Stikosa AWS
Prodi baru Stikosa AWS Digital Marketing Komunikasi (Digital Marcomm) memiliki potensi besar di era transformasi digital yang membawa peluang bagi lulusan dalam pengembangan dunia digital.
Program ini dibuka mulai Tahun Akademik 2024/2025, dengan dua konsentrasi peminatan studi. Pertama, Digital Corporate Business Communication, berfokus pada perancangan rencana komunikasi strategis korporasi baik lembaga, instansi, maupun lembaga pemerintahan untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik melalui berbagai alat hubungan masyarakat berbasis platform dan medium digital.
Prospek karir lulusan program ini mencakup berbagai posisi seperti Profesional Corporate Digital Public Relations, Spesialis Corporate Digital Communication, Spesialis Digital Media Campaign, Profesional Hubungan Investor, Profesional Hubungan Industrial, Corporate Secretary in Digital Era, Spesialis Government Relations serta Social Corporate Campaign Manager.
Sedangkan konsentrasi studi Digi Marcomm yang kedua, Digital Brand Business Communication, berfokus pada perancangan rencana strategis untuk mengkomunikasikan merek (brand) secara kredibel kepada audiens target terkait.
Prospek karir dalam bidang ini termasuk Creative Content Creator, Digital Influencers, Spesialis Branding Consultant, hingga Digital Data Research Expert.(din)