Surabaya (prapanca.id) – Mulai tahun perkuliahan 2024-2025, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) membuka program studi baru, yakni Digital Marketing Communication (Marcomm).
Pembukaan prodi baru ini sebagai salah satu upaya pengembangan kampus media pertama di Indonesia Timur tersebut di era digital. Sekaligus melengkapi dua prodi yang sudah ada sebelumnya. Yakni, Digital Broadcasting Journalism dan Digital Public Relations.
Dalam upaya meningkatkan kualitas dan menjalin kerjasama antar Perguruan Tinggi, khususnya untuk prodi baru tersebut, pada Senin 26/2 2024, tim dosen Stikosa-AWS melakukan benchmarking (studi banding) ke Prodi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi & Bisnis UNESA (Universitas negeri Surabaya).
Kunjungan Tim Dosen Stikosa AWS yang diwakili oleh Wakil Ketua 2, Dr Dwi Prasetyo, M.PSDM dan Kaprodi Digital Marcomm, Moch. Arkansyah S.Ikom, M.Ikom. Sedangkan dari FEB Unesa diwakili oleh Kaprodi Bisnis Digital, Hujjatullah Fazlurrahman, SE, MBA beserta para dosen.
“Kunjungan studi banding ini perlu dilakukan untuk peningkatan Akreditasi Program Studi. Dan kami gembira karena diterima dengan sangat baik oleh pihak Unesa, khususnya Prodi Bisnis Digital” ujar Arkansyah.
Program Studi S-1 Komunikasi Bisnis Digital Stikosa-AWS menggabungkan ilmu manajemen, komunikasi bisnis, media, dan teknologi digital 4.0, dengan fokus pada pengembangan Digital Entrepreneur 5.0. yang siap menghadapi perubahan teknologi dan informasi. Program ini memiliki dua konsentrasi.
Pertama, Digital Corporate Business Communication , berfokus pada perancangan rencana komunikasi strategis korporasi, baik lembaga, instansi, atau lembaga pemerintahan, untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dan saling menguntungkan antara publik internal dan eksternal korporat melalui berbagai alat hubungan masyarakat berplatform dan medium digital.
Prospek karir lulusan program ini bisa bekerja sebagai : Profesional Corporate Digital Public Relations, Spesialis Corporate Digital Communication, Spesialis Digital Media Campaign, Profesional Hubungan Investor, Profesional Hubungan Industrial, Corporate Secretary in Digital Era, Spesialis Government Relations serta Social Corporate Campaign Manager
Kedua, Digital Brand Business Communication , berfokus pada perancangan rencana strategis untuk mengkomunikasikan merek (brand) secara kredibel kepada audiens target terkait.
Prospek karir pada bidang Creative Content Creator, Digital Influencers, Spesialis Branding Consultant, Social Media Marketing, Search Engine Optimization (SEO) Specialist, Business Analytics Specialist, Brand Management Expert, dan Digital Data Research expert.
Waka 1 Stikosa-AWS, Ratna Puspita Sari, M.Med.Kom mengatakan, dua prodi yang sudah ada, yakni Digital Broadcasting Journalism dan Digital Public Relations terus bertumbuh mengikuti perkembangan teknologi untuk melahirkan lulusan yang unggul, adaptif, inovatif dan berjiwa mediapreneur.
Ratna mengatakan, beberapa mata kuliah unggulan di kedua prodi tersebut antara lain : Online Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Directing, Konten Kreator, Sinematografi, Public Speaking dan MICE (Meeting, Incentive Convention & Exhibition. Informasi mengenai pendaftaran bisa kontak 0813 31713797 atau klik www.stikosa-aws.ac.id. (sas)