Jakarta (prapanca.id) – PT Pupuk Indonesia (Persero) menghelat acara Pesona Kriya Pupuk Indonesia di Jakarta pada 26 – 28 Februari 2024. Acara ini menjadi bukti nyata komitmen Pupuk Indonesia dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di sektor warisan nusantara (wastra) dan kerajinan tangan.
Ratusan produk dari para UMKM tersebut ditawarkan kepada berbagai pemangku kepentingan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
Event yang berlangsung selama tiga hari ini menampilkan beragam kegiatan, termasuk bazar UMKM dan fashion show yang melibatkan produk-produk UMKM.
Bazar UMKM diikuti oleh 41 peserta, terdiri dari 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima merek terkenal, dan Biofarma sebagai BUMN yang diundang.
Sementara itu, fashion show menampilkan kolaborasi antara produk-produk UMKM binaan dengan desainer terkemuka dan merek-merek ternama.
Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara seperti Duta Besar Maroko, Palestina, Polandia, Yordania, Qatar, dan Italia.
Hingga saat ini, lebih dari 20 UMKM binaan Pupuk Indonesia telah berhasil memasarkan produk mereka ke pasar internasional.
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, menegaskan komitmen perusahaan dalam memajukan UMKM melalui program pembinaan di bawah unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 merupakan salah satu bentuk pembinaan Pupuk Indonesia Grup terhadap UMKM dan juga menunjukkan komitmen perusahaan dalam mendukung promosi budaya Indonesia melalui produk wastra.
Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pilar Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang dijalankan Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Utara Afrika.
Rahmad Pribadi menyatakan, melalui Pesona Kriya ini, Pupuk Indonesia memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM. Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup.
“Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah memberikan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Di antaranya, 257 UMKM bergerak di sektor industri, termasuk industri kreatif,” ungkap Rahmad.
UMKM memegang peran penting dalam perekonomian nasional, menyumbang hampir 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan menyerap sekitar 97% angkatan kerja.
Pembinaan dilakukan melalui pemberian modal dan peningkatan kompetensi agar UMKM dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun global, khususnya di bidang wastra yang banyak dikerjakan oleh perempuan.
Rahmad menegaskan bahwa kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM bertujuan untuk menciptakan ekosistem berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian dan kemandirian para pelaku UMKM, terutama perempuan.
“Kami yakin setiap karya yang dihasilkan oleh UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif. Karya-karya ini mencerminkan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang menjadi koleksi luar biasa dari desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia. Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung pertumbuhan dan eksistensi UMKM di tanah air. Kegiatan ini diharapkan menjadi embrio dan berkelanjutan untuk kemajuan UMKM di Indonesia,” tambah Rahmad.
Pesona Kriya Pupuk Indonesia merupakan langkah positif Pupuk Indonesia Grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.
Ajang ini, yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perkumpulan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Indonesia Grup yang ke-8, juga diharapkan menjadi media pertukaran ide dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fashion lokal.
Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi, menambahkan bahwa PIKA-PI Grup selalu mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup.
Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Pesona Kriya Pupuk Indonesia, yang merupakan langkah bagi UMKM untuk meningkatkan kelasnya. Ini juga sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di tahun 2024, yaitu “Women’s Support For Sustainability”.
“PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang sejalan dengan pelestarian warisan budaya Indonesia. Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup,” ungkap Tata Rahmad Pribadi.
“Kami juga ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk merambah pasar internasional melalui kegiatan ini,” tutup Tata Rahmad Pribadi. (mi)