Bangkalan (prapanca.id) – Mochamad Arkansyah, M.I.Kom, dosen Stikosa AWS, menjadi pembicara dalam pelatihan digital peningkatan kualitas produksi dan pemasaran produk hasil laut yang diselenggarakan UKM desa Junganyar Socah Bangkalan, Selasa (1/10/2024). Pelatihan diikuti 20 orang yang sebagian besar produsen camilan kerupuk terung.
Dosen Bisnis Digital sekaligus ketua program studi Digimarcom Stikosa AWS tersebut memberikan materi digital marketing yang diikuti dengan penuh minat oleh seluruh peserta.
Menurut pengamatan Arkansyah, selama ini para perajin produk hasil laut tersebut masih menggunakan sistem pemasaran tradisional. Yakni dijajakan di tempat umum atau dari mulut ke mulut. Hal ini membuatnya tergerak memberikan pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan.
Sukartini, salah satu peserta pelatihan, merasa sangat senang dan terbantu dengan materi pelatihan tersebut. “Ternyata cara membuat konten promosi sangat mudah” ujarnya.
Sebagaimana mayoritas penduduk di desa wilayah pesisir tersebut, Sukartini sudah memproduksi kerupuk terung sebagai sumber mata pencahariaannya. Ia akan mempraktekkan materi pelatihan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.
Menurut Arkansyah, sebagai dosen prodi Bisnis Digital, kegiatan tersebut merupakan pengaplikasian IKU (Indikator Kinerja Utama) point ke-3. Yakni, dosen berkegiatan di luar kampus. (sas)