Jakarta (prapanca.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengukuhkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mengoperasikan KA Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation mulai hari Kamis, 18 Januari 2024. Hal ini merupakan bagian dari rencana pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).
Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menyatakan bahwa pengoperasian kereta ini menandai upaya KAI dalam meningkatkan pengalaman perjalanan pelanggan, terutama para penumpang KA Taksaka. “Kereta New Generation ini akan kami operasikan secara bertahap untuk KA-KA lainnya, sebagai bentuk komitmen kami dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.
Sebelumnya, Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah dioperasikan pada KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 13 Desember 2023 dan KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 18 Desember 2023.
Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation mencakup penggunaan pintu elektrik otomatis pada pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta, memudahkan pelanggan dalam membuka dan menutup pintu dengan lebih efisien dan senyap. Sistem Passenger Information Display (PIDS) yang terintegrasi di setiap kereta memberikan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan, menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik.
Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation telah ditingkatkan dengan menggunakan tempered double glass, meningkatkan keamanan, mengurangi panas dan sinar UV, serta mengurangi kebisingan. Fasilitas USB charger port pada setiap kursi dan stop kontak di dinding kereta memungkinkan penumpang untuk tetap mengisi daya perangkat elektronik mereka selama perjalanan.
Pada Kereta Luxury New Generation, penambahan satu toilet dan pemisahan antara toilet pria dan wanita menjadi fitur baru yang memperkaya pengalaman perjalanan. Tak ketinggalan, Kereta Makan dalam rangkaian New Generation juga mengalami pembaruan, dengan interior dan furnitur premium yang lebih mewah, termasuk kursi makan yang lebih empuk. Sistem PIDS juga turut tersedia di Kereta Makan.
“Upaya peningkatan kenyamanan ini diharapkan dapat menjadikan layanan transportasi perkeretaapian semakin modern, menarik minat masyarakat, dan membuat mereka setia menggunakan jasa kereta api,” tutup Joni Martinus. (mi)