Jakarta (prapanca.di) – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, mengungkapkan empat tren utama yang diprediksi akan mendominasi industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) yang digelar secara hybrid di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat lalu (22/12).
Bleisure (Business and Leisure), adalah tren yang diprediksi akan terus berkembang pasca-pandemi. Dengan pulihnya perjalanan bisnis global dan peningkatan fleksibilitas dalam bekerja jarak jauh, bleisure menjadi peluang besar. Angela menjelaskan bahwa penggabungan paket bisnis dan wisata akan menjadi daya tarik utama. “Kami membuat paket gabungan antara bisnis dan leisure, terutama dengan pertumbuhan MICE yang mendorong bisnis dan diintegrasikan dengan paket wisata ke destinasi menarik seperti Labuan Bajo, Bali, dan Borobudur,” ujar Wamenparekraf.
Selanjutnya, tren Wellness Experience (Pengalaman Wisata Kebugaran). Seiring pergeseran perilaku pasca-pandemi, wisatawan semakin menyadari pentingnya kesehatan jiwa dan pengalaman spiritual. Tren ini diprediksi akan semakin diminati dengan adanya permintaan akan pengalaman wisata yang meningkatkan kesehatan dan kebugaran.
Lalu, Deep and Meaningful Tourism (Pariwisata Bermakna). Tren yang lahir di era pandemi ini menyebabkan lebih dari 75% wisatawan mencari pengalaman bermakna. Angela melihat ini sebagai peluang luar biasa karena Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata. Pengemasan cerita yang menarik diharapkan dapat menghadirkan pengalaman yang mendalam dan bermakna bagi para wisatawan.
Tren lainnya, yaitu Set-Jetting (Wisata Tempat Syuting Film), yaitu wisata ke lokasi syuting film diprediksi akan menjadi tren yang populer. Destinasi yang diabadikan dalam produksi film akan menjadi daya tarik bagi para penggemar film dan wisatawan.
Di sektor ekonomi kreatif, Angela juga mengidentifikasi empat tren utama pada tahun 2024:
Audio Visual, seiring keterlibatan generasi muda dengan konten kreatif semakin kuat. Tren ini diharapkan terus berkembang seiring dengan banyaknya platform yang dapat diakses oleh generasi muda.
Mobile Game, bentuk tren ini mengalami transformasi dari hiburan menjadi profesi. Pemerintah berencana mengeluarkan Peraturan Presiden untuk mendukung pengembangan industri game di Indonesia.
Musik, Tren pada musik diharapkan terus berkembang dengan adanya platform baru yang memberikan ruang kreativitas bagi para musisi. Kemenparekraf akan terus mendukung upaya perlindungan hak kekayaan intelektual (IP) para musisi.
Yang tak kalah bepotensi adalah Kolaborasi. Kolaborasi antar subsektor di sektor ekonomi kreatif diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah. Wamenparekraf menegaskan bahwa pihaknya telah menyusun strategi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan prinsip produktif, inklusif, dan berkelanjutan, yang akan diimplementasikan melalui Program Kerja Tahun 2024.(sas)