Jakarta (prapanca.id) – Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, menyoroti peran penting Generasi Z (Gen Z) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas keuangan di Indonesia.
Purbaya menyatakan bahwa generasi ini, yang baru memasuki angkatan kerja, memiliki potensi besar dalam mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.
“Pasca COVID-19, jumlah partisipasi kerja terus meningkat seiring pemulihan ekonomi yang berlangsung. Adik-adik di Universitas Padjajaran juga sebentar lagi akan masuk ke angkatan kerja, inilah momentum terbaik,” ujar Purbaya, Kamis (30/11/2023).
Purbaya menekankan pentingnya peningkatan literasi, khususnya dalam hal ekonomi dan keuangan, bagi Gen Z. Ia mendorong mereka untuk memahami pentingnya menabung, menguasai cara berinvestasi yang aman dan nyaman, serta memperdalam pemahaman terhadap berbagai tema terkait.
Tingkat literasi keuangan di Indonesia, meskipun mengalami peningkatan, masih memiliki ruang untuk ditingkatkan. Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022, inklusi keuangan mencapai 85,1 persen, sementara literasi keuangan hanya 49,68 persen.
Purbaya meyakini bahwa peningkatan literasi keuangan akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Bonus demografi yang sedang dinikmati oleh Indonesia, khususnya pada periode puncak 2020-2023 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM.
“Bonus demografi yang kita alami harus diiringi dengan peningkatan kualitas SDM. Ini akan memberikan dampak besar pada masa depan ekonomi kita,” tambahnya.
Gen Z, dengan jumlah penduduk produktif mencapai 66,74 juta jiwa atau 24,2 persen dari total penduduk usia 15-64 tahun, diharapkan dapat menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Peran mereka dalam memahami dan mengelola keuangan dengan bijak menjadi kunci dalam mengejar kemajuan dan stabilitas ekonomi. (din)