Jakarta (prapanca.id) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, bersama Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menggelar Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi Tahun 2023 dengan tema “Optimizing 360º Communication with Innovation and Technology to Strengthen Connectivity” pada 15-16 November 2023.
Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan (Menub) RI Budi Karya Sumadi. Menub menekankan pentingnya peran humas di sektor transportasi dalam mengelola kegiatan komunikasi publik.
Humas, sebagai bagian dari insan transportasi, diharapkan mampu mengharmonisasikan penyampaian narasi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa transportasi yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan terjangkau.
“Sebagai humas, harus cepat dan aktual merekam semua yang terjadi dan menyampaikannya kepada masyarakat. Kita juga harus pintar mengemas berbagai macam informasi sesuai dengan jenis media masa kini,” ujar Menhub.
Dia juga menyoroti pentingnya kolaborasi antar instansi di sektor transportasi untuk mencapai penyelenggaraan moda transportasi yang mencakup seluruh lapisan masyarakat, meningkatkan konektivitas antar wilayah, dan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti, mewakili Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, menyatakan bahwa acara ini bermanfaat untuk mengoptimalkan peran public relation sektor transportasi dengan memanfaatkan teknologi terkini.
“Para insan humas dituntut semakin adaptif, responsif, dan terus meningkatkan kompetensi serta kreativitas untuk menghadapi perkembangan teknologi terkini dalam menyampaikan informasi yang aktual, faktual, dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambahnya.
Forum ini melibatkan sesi talk show dengan narasumber yang kompeten di bidang transportasi dan kehumasan, seperti Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati,
Pengamat Transportasi Djoko Setjowarno, dan Head of Industry Meta Indonesia, Aldo Rambie. Selain itu, ada sesi sharing session dengan narasumber praktisi humas dari perusahaan mitra dan operator, membahas manfaat strategi kehumasan dengan memanfaatkan pengembangan teknologi, khususnya dalam menangani krisis perusahaan.
Hari kedua acara menyediakan kesempatan bagi peserta untuk mengunjungi tempat yang mendukung bisnis Jasa Marga, termasuk Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Rest Area Travoy Km 88B, dan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.
Forum Komunikasi Kehumasan Sektor Transportasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi komunikasi publik di sektor transportasi, menyampaikan kebijakan, memberikan pelayanan terbaik, serta memperkuat kolaborasi humas sektor transportasi menjelang penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.
Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi insan kehumasan dari unsur regulator, operator sarana dan prasarana transportasi, serta mitra kerja Kementerian Perhubungan. (din)