Jakarta (prapanca.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat pencapaian yang sangat positif dalam ketepatan waktu keberangkatan kereta api (KA) penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari tanggal 21 hingga 28 Desember 2023.
Dalam periode tersebut, On Time Performance (OTP) atau ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,96 persen, menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan. Rinciannya mencakup KA Jarak Jauh PSO 100 persen, KA Jarak Jauh Komersial 99,8 persen, KA Lokal PSO 100 persen, KA Lokal Komersial 100 persen, dan KA Perintis 100 persen.
Sementara itu, ketepatan waktu kedatangan KA penumpang pada periode yang sama mencapai 98,83 persen, dengan rincian KA Jarak Jauh PSO 97,57 persen, KA Jarak Jauh Komersial 96,56 persen, KA Lokal PSO 100 persen, KA Lokal Komersial 100 persen, dan KA Perintis 100 persen.
VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyatakan bahwa pencapaian positif ini dipengaruhi oleh perbaikan program perencanaan Angkutan Nataru dan peningkatan kinerja operasional. Pencapaian tersebut juga memperkuat citra kereta api sebagai moda transportasi yang tidak hanya nyaman tetapi juga bebas dari dampak kemacetan lalu lintas.
“Dengan dedikasi penuh untuk memberikan pelayanan terbaik, setiap insan KAI berusaha seoptimal mungkin untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan melalui On Time Performance yang terjaga, produk-produk inovatif, serta fasilitas yang kami tawarkan. KAI juga berkomitmen untuk menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap pengoperasian kereta api,” ungkap Joni.
Berdasarkan data, total volume penumpang kereta api selama 8 hari periode posko libur Natal dan Tahun Baru 2023/24 mencapai 1.627.721 penumpang, dengan tingkat okupansi mencapai 121 persen dari jumlah kursi yang disediakan sebanyak 1.347.979 penumpang. Okupansi yang melebihi 100 persen ini disebabkan oleh pergerakan dinamis penumpang antara stasiun awal dan stasiun tujuan akhir.
Menjelang puncak arus mudik pada Jumat (29/12) dan arus balik pada Senin (1/1), tiket KA yang terjual mencapai 173.035 tiket atau 102 persen dari total tiket yang disediakan. Untuk tiket yang terjual pada Senin (1/1), mencapai 149.295 tiket atau 88 persen dari total tiket yang disediakan. Angka tersebut masih dapat bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.
Secara keseluruhan, penjualan tiket KA selama 18 hari periode Nataru dari 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mencapai 2.565.064 tiket atau 84,72 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.027.744 tiket KA Jarak Jauh, Menengah, dan Lokal yang dikelola oleh KAI.
Joni menambahkan, “KAI tetap mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan untuk menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti Covid-19.” (sas)