Surabaya (prapanca.id) – Data terbaru dari Nielsen menunjukkan bahwa radio AM/FM kini mencapai 40 persen lebih banyak konsumen Amerika, berusia 18-49 tahun, dibandingkan dengan televisi, menurut laporan Total Audience Report untuk kuartal ketiga 2023.
Laporan tersebut menunjukkan bahwa radio sekarang memiliki keunggulan rata-rata audiens lebih dari 12 poin dibandingkan dengan televisi, khususnya pada kelompok usia 18 tahun ke atas.
Sementara itu, jangkauan mingguan radio dengan kelompok usia 18-49 menempati tempat pertama bersama media sosial dengan 81 persen, sedikit di depan video online (79 persen) dan perangkat TV terhubung (78 persen), dengan TV live dan ditunda menempati posisi kelima yang jauh di belakang dengan 58 persen.
Beberapa wawasan dari laporan tersebut adalah bahwa 59 persen pendengaran terjadi di luar waktu berkendara dengan pendengaran radio tengah hari (10 pagi – 3 sore) unggul dibandingkan dengan waktu lainnya, menyumbang 26 persen dari total waktu yang dihabiskan dengan radio AM/FM.
Waktu berkendara pagi berada di posisi kedua dengan (21 persen) dan waktu berkendara sore di posisi ketiga yang dekat dengan (20 persen). Pendengaran akhir pekan menarik hampir sebanyak pendengaran waktu berkendara pada (20 persen).
Nielsen mencatat bahwa ini sangat berbeda dari persepsi pengiklan yang mengira bahwa lebih dari setengah pendengaran radio AM/FM terjadi selama waktu berkendara pagi dan sore, padahal sebenarnya hanya menyumbang 41 persen dari waktu yang dihabiskan dengan radio AM/FM.
Penurunan Audiens TV
Nielsen pertama kali melaporkan 12 bulan lalu bahwa jangkauan radio telah melampaui televisi, dan dalam rilis data terbarunya, lebih jauh menyebut penurunan televisi linear di kalangan audiens 18-49 sebagai “runtuh.”
Sejak 2018, jangkauan mingguan TV live dan ditunda untuk kelompok usia 18-49 turun 29 persen. Selama periode yang sama, waktu harian yang dihabiskan untuk TV turun 62 persen dari hampir tiga jam sehari menjadi satu jam sehari, menurut data Total Audience.
Nielsen menyatakan bahwa setengah dari audiens TV linear sekarang berusia 65+. Hanya satu per lima dari audiens rata-rata berusia 18-49 dengan 80 persen sisanya berusia di atas 50 tahun.
Sebaliknya, Nielsen menemukan bahwa radio AM/FM memiliki distribusi demografis yang lebih merata dengan 40 persen pendengar berusia 18-49 tahun dan 31 persen berusia 50-64 tahun. (agu)
1 Komentar
Pingback: Pendengar Radio di Amerika Kalahkan Audiens Televisi, Ini Penjelasan Pakar Stikosa AWS | prapanca.id