Surabaya (prapanca.id) – Traffic penerbit berita di AS dari media sosial terus merosot drastis. Menurut platform analitik sosial Chartbeat, sejak Januari 2023, traffic dari media sosial ke 700 situs berita AS yang menjadi kliennya telah turun sepertiga, dari 6 persen menjadi hanya 4 persen.
Sebaliknya, Google Discover menjadi sumber traffic yang semakin dominan. Menurut Brad Streicher, Direktur Penjualan di Chartbeat, pada panel diskusi di konferensi tahunan Online News Association di Atlanta, traffic dari Google Discover telah meningkat 13 persen sejak awal tahun 2023, menjadi salah satu rujukan teratas bagi para penerbit berita di AS.
Google Discover, layanan yang menawarkan rekomendasi konten yang dipersonalisasi melalui aplikasi seluler Google, menjadi rujukan penting, terutama dalam berita terbaru. Anne Look Thiam, Kepala Pengembangan Audiens di BBC Studios, menyebut Discover sebagai ruang potensial untuk liputan berita. Bahkan, bagi situs berita The Hill, Discover kini menjadi sumber traffic terbesar, melampaui pencarian reguler.
Meski begitu, masih ada tantangan. Streicher mencatat bahwa strategi SEO yang kuat tidak selalu berfungsi untuk Discover. Konten dengan judul hiperbolik atau memicu sensasi cenderung kurang performa di Discover. Google sendiri merekomendasikan agar penerbit menggunakan judul halaman yang relevan dan menghindari konten clickbait.
BBC dan The Hill terus bereksperimen dengan waktu publikasi dan topik berita untuk memaksimalkan potensi Discover. Strategi yang berhasil mencakup mengaitkan cerita nasional dengan sudut pandang lokal, seperti yang diungkapkan Will Federman, Wakil Presiden Strategi Konten di The Hill.
Namun, penerbit berita masih dalam tahap awal memahami playbook untuk sukses di Discover. Meski begitu, dengan terus berkembangnya platform ini, para penerbit mulai menyesuaikan diri untuk memanfaatkan peluang yang ada. (sas)
Sumer: niemanlab.org