Surabaya (prapanca.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar “Bank Jatim Qris Ramadan Vaganza” di halaman Balai Kota, Senin (25/3/2024). Event ini dibuka untuk masyarakat mulai dari pukul 14.00-21.30 WIB pada 25-31 Maret 2024.
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hadir dan menikmati berbagai kuliner khas Suroboyoan yang disajikan oleh UMKM binaan pemkot di dalam event ini. Tak hanya kuliner, kegiatan ini juga menawarkan aneka perlombaan seperti patrol dan mewarnai, street performance, live music dari beberapa SMP di Surabaya, fesyen show, hingga tausiyah di Balai Kota Surabaya.
“Ayo arek-arek Suroboyo, mari kita meriahkan Ramadan Vaganza, di kegiatan ini banyak UMKM yang rasanya luar biasa. Kita juga bisa mencari ilmu melalui tausiyah dan kelas-kelas yang kita sediakan di balai kota,” kata Wali Kota Eri.
Masyarakat yang hadir akan didukung dengan edukasi tentang pembelian produk UMKM dengan metode cashless (non-tunai) menggunakan QR Code atau QRIS, yang juga akan dilakukan launching oleh Bank Jatim pada hari pertama. Kota Surabaya dipilih oleh Bank Jatim sebagai salah satu kota pertama di Jawa Timur yang merepresentasikan penggunaan QRIS.
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati, menyampaikan bahwa sekitar 35 UMKM binaan pemkot akan ikut serta dalam Ramadan Vaganza dengan produk-produk unggulannya, termasuk makanan, minuman, fesyen seperti mukena hingga kerudung.
“Ini juga ada beberapa rombong yang biasanya Sabtu-Minggu di Balai Kota, itu juga akan kita ikut sertakan, yang jualan takjil, makanan berat, mereka support dalam acara Ramadan Vaganza ini,” ujar Dewi.
Dewi menegaskan bahwa 35 UMKM tersebut telah melalui proses kurasi dan didatangkan dari tiap kecamatan di Kota Surabaya. “Yang rombong-rombong itu kita utamakan untuk rombong miskin, membantu perekonomian mereka,” ungkapnya.
Secara keseluruhan, event ini melibatkan 80 UMKM baik binaan Pemkot maupun masyarakat umum, merupakan kolaborasi antara Suara Surabaya Media dengan Pemkot Surabaya.
Pemimpin Redaksi (Pemred) Suara Surabaya Media, Eddy Prastyo, menambahkan bahwa kegiatan kolaborasi ini akan melibatkan lebih dari 80 UMKM berbagai produk. Ini merupakan kegiatan pertama kolaborasi antara Pemkot dengan Suara Surabaya setelah terhenti selama pandemi.
“Bagaimana kita menumbuhkan UMKM Surabaya yang termasuk salah satu kota dengan UMKM paling kuat dan berpengaruh. Sebelumnya sudah ada Surabaya Urban Culture Festival itu sukses. Kita harapkan gelaran Ramadan Vaganza ini bisa sukses juga dan ada kesan,” pungkasnya. (agu)