Jakarta (prapanca.id) – DAMRI resmi menerapkan sistem pembayaran non tunai atau cashless mulai 1 Februari 2024, khususnya untuk pembelian tiket perjalanan rute Bandara Soekarno-Hatta dan Transjawa.
Keputusan ini merupakan langkah strategis DAMRI dalam mendukung transaksi yang lebih efisien dan modern di sektor transportasi. Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R. M. Pohan, menyampaikan bahwa penerapan pembayaran berbasis uang elektronik merupakan bagian dari upaya DAMRI untuk mendorong masyarakat agar lebih memilih transaksi yang praktis, aman, dan nyaman.
“DAMRI berharap masyarakat dapat merespon baik terhadap penerapan ini, sehingga tujuan kami untuk meningkatkan efisiensi transaksi dapat tercapai dengan baik,” jelas Pohan, Minggu (4/2).
Terdapat antusiasme yang cukup besar dari masyarakat terkait transaksi online, terlihat dari pertumbuhan pengguna DAMRI Apps yang mencapai 187,34 persen pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, jumlah pengguna DAMRI Apps mencapai 112.006, sedangkan pada tahun 2023, angka tersebut melonjak signifikan menjadi 321.838 pengguna.
DAMRI Apps diharapkan dapat menjadi solusi terbaik bagi kebutuhan pelanggan dalam memesan tiket perjalanan, dengan memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan. Pelanggan DAMRI kini dapat dengan mudah menggunakan DAMRI Apps yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau Apps Store untuk memesan tiket perjalanan.
Melalui DAMRI Apps, pelanggan memiliki opsi pembayaran digital menggunakan metode Transfer Bank dan E-wallet. Keuntungan tambahan dapat diperoleh dengan memanfaatkan promo spesial yang hanya berlaku untuk pembelian melalui DAMRI Apps.
Pohan menjelaskan menambahkan,untuk bulan (Februari) ini, DAMRI memberikan potongan harga spesial sebesar Rp10.000 untuk 85 pembeli pertama yang melakukan pemesanan melalui DAMRI Apps dengan rute perjalanan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.
Meskipun telah menerapkan pembayaran non-tunai, pelanggan tetap dapat melakukan pemesanan tiket secara langsung di lokasi dengan menggunakan metode pembayaran cashless melalui QRIS, E-Money, Debit, dan Credit Card.
“DAMRI meyakini bahwa langkah ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para penumpang dan sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam mendorong transisi menuju masyarakat yang lebih inklusif secara digital,” pungkas Pohan.(mi)