Surabaya (prapanca.id) – Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang hampir ada di seluruh universitas di Indonesia. Sesuai namanya, disiplin ilmu ini pula yang melekat kuat di kampus Stikosa AWS. Namun masyarakat masih menganggap jika lulusan komunikasi akan hanya berkutat menjadi jurnalis, public relations. atau presenter televisi semata.
Nyatanya, di masa sekarang, seiring perkembangan zaman digital saat ini, terdapat peluang kerja baru bagi lulusan Ilmu Komunikasi yang bisa dilamar. Berikut beberapa bidangnya.
Spesialis Media Sosial
Dalam bidang ini, lulusan komunikasi akan melakukan perancangan dan mengelola strategi media sosial untuk membangun citra merek, meningkatkan engagement, dan mendorong konversi.
Hal itu didorong karena di Ilmu Komunikasi terdapat pembelajaran Komunikasi Bisnis (Kombi) dan Advertising yang secara langsung juga mempelajari tentang merancang bisnis dan marketing.
Content Creator
Lalu ada Content Creator yang memiliki beberapa tugas diantaranya, menulis, mengedit, dan memproduksi konten kreatif untuk berbagai platform digital, seperti website, blog, media sosial, dan video.
Selain itu, menjadi Content Creator juga dituntut untuk selalu up to date mengenai peristiwa atau hal-hal yang tengah trend di sosial media.
SEO Specialist
Seperti namanya, Search Engine Optimization atau SEO Specialist, bertugas mengoptimalkan website agar mendapat peringkat tinggi di mesin pencari dan meningkatkan visibilitas online.
Apalagi keberadaan media online di Indonesia yang cukup banyak saat ini, maka perlu adanya SEO untuk mengatur agar sebuah media online tidak kalah saing dengan media online lainnya.
Digital Marketing Specialist
Dalam tugasnya Digital Media Specialist melakukan perencanaan dan melaksanakan kampanye pemasaran digital untuk meningkatkan traffic website, leads, dan sales.
Dalam hal ini, lulusan Komunikasi juga harus mampu membangun brand awarness yang baik dan menarik dengan mengoperasikan alat-alat digital, seperti website, media sosial dan email
UX/UI Designer
Salah satu bukti perkembangan Digital ialah munculnya pekerjaan UX/UI Designer yang bertugas merancang user interface (UI) dan user experience (UX) yang intuitif dan user friendly untuk website dan aplikasi.
Dalam melakukan pekerjaan ini, lulusan Ilmu Komunikasi juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang desain visual dan estetika. Harus bisa menggabungkan elemen-elemen desain seperti warna, tipografi, dan layout dengan cara yang menarik dan menyenangkan mata pengguna.
Web Developer
Sebagai Web Developer yang memiliki job desk merancang, membangun, dan memelihara website dan aplikasi web ini. Pastinya lulusan Ilmu Komunikasi harus mempelajari Information and Technology (IT) yang meliputi HTML, CSS, dan JavaScript.
Data Analyst
Dalam tugasnya yang mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk mendapatkan insights yang berguna bagi bisnis itu.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi harus mempelajari menggunakan alat-alat seperti Microsoft Excel dan Google Sheets untuk menganalisis data.
Itulah beberapa peluang kerja baru bagi lulusan Ilmu Komunikasi di era digital saat ini. Jadi jangan ragu memilih jurusan Ilmu Komunikasi karena peluang kerjanya akan luas, jika kita juga mempelajari dan mengikuti perkembangan IT. (jel)